Selasa, 30 Maret 2010

Penggunaan Teknologi Komputer

Teknologi Komputer
Di zaman yang telah modern dan semakin maju ini siapa lagi yang tidak mengenal komputer. Di masa kini, komputer telah menjadi bagian hidup dari umat manusia. Komputer sebagai bentuk dari teknologi komunikasi merupakan media yang sering dipakai oleh banyak orang. Dahulu komputer diciptakan manusia sebagai alat bantu hitung. Kemudian bertambah menjadi suatu alat pengolah kata. Lalu juga untuk menyimpan data yang kecil, hingga mampu menyimpan data dalam jumlah yang besar. Dan lama-kelamaan juga menjadi alat hiburan dan multimedia. Kini telah banyak bermacam-macam program dan fitur yang mampu dijalankan oleh komputer. Tampilan komputer kini juga telah berwarna sehingga semakin menarik minat para pengguna. Di samping itu, komputer juga menawarkan banyak pilihan software yang memudahkan pengguna dalam menghadapi pekerjaannya.Kemudahan dan kepraktisan dari komputer membawa alat ini menjadi media utama bagi sebagian besar orang dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Berbeda dengan dahulu, komputer kini dibagi menjadi beberapa jenis dan ukuran serta fungsi. Ada komputer yang berisi program-program untuk bidang kedokteran, ekonomi, teknik dan sebagainya. Komputer saat ini dapat berupa laptop atau notebook yang dapat dibawa kemana-mana dengan ukuran tidak sebesar komputer lazimnya dan ringan. Kecanggihan lain adalah layar komputer yang makin hari makin besar dan dengan perkembangan teknologi, fitur-fitur yang disediakan dapat dipilih dan disesuaikan oleh para penggunannya.
Semua kecanggihan yang dibuat dan dihasilkan oleh para ahli membuat komputer menjadi alat yang memudahkan orang dan menarik untuk dicoba. Menurut peneltian, manusia suka dengan hal-hal bersifat baru, praktis, dan efisien. Dan dalam komputer pengguna menemukan hal yang mereka sukai tersebut. Dengan meluasnya pekerjaan yang ada saat ini dan dibutuhkannya alat yang mempercepat manusia dalam menyelesaikan tugas mereka yang banyak dan sulit, komputer menjadi penolong dan sumber daya yang praktis.
Tidak hanya itu, alat ini juga telah menjadi salah satu gaya hidup masa kini. Pengguna tidak lagi membutuhkan komputer dengan fungsi dan program di dalamnya, tapi tampilan dan bentuk serta spesifikasinya banyak dicari orang banyak. Orang berlomba-lomba mendapatkan sebuah komputer atau laptop dengan kecanggihan paling baru dan desain yang menarik layaknya orang berperilaku dalam berpakaian saat ini.
Pengusaha-pengusaha yang memiliki uang yang cukup banyak mencari komputer dengan fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan mereka dan desain tampilan alat yang modern dan sesuai dengan citra mereka masing-masing. Ditambah dengan adanya teknologi internet yang mempercepat akses informasi baik dalam negeri maupun luar negeri yang menambah kegunaan dan fungsi komputer bagi banyak orang. Melalui komputer semua orang dapat menikmati keuntungan internet. Sejak kemunculannya di AS, internet banyak digunakan dan disukai. Terlebih lagi sekarang dengan berbagai fitur baru, situs baru, dan teknologi baru yang menjadikan komoditas komputer penting dimiliki oleh banyak orang. Melalui internet, kita bisa mendapatkan Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. Selain itu kita juga bisa mendapatkan Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Akan tetapi keterbatasan biaya terlebih lagi di Indonesia membuat orang tidak bisa memiliki komputer. Untuk mendapatkan teknologi canggih ini dibutuhkan biaya besar apalagi komputer dengan fitur terbaru dan lengkap. Oleh karena itu, di Indonesia banyak rental-rental komputer dibuat dan warnet pun bermunculan. Semua ini ada untuk memberikan layanan serta jasa bagi orang atau pihak yang tidak mampu membeli teknologi mahal ini. Dengan adanya usaha warnet dan rental diharapkan orang yang tidak memiliki alat ini dapat memakai fungsi komputer yang memudahkan dan menyelesaikan masalah pekerjaan mereka. Komputer seringkali digunakan sebagai media hiburan oleh banyak orang, seperti untuk mendengarkan musik dan memutar film. Komputer juga bisa digunakan untuk alat kerja, seperti untuk mengetik, berhitung, maupun untuk mendesain suatu gambar.Saat ini juga telah banyak perusahaan – perusahaan yang menggunakan komputer untuk menyimpan data dan dokumentasinya, mulai data – data pribadi hingga data – data penting perusahaan. Komputer juga telah digunakan oleh perusahaan – perusahaan sebagai alat sistem registrasi, menyimpan database perusahaan, hingga untuk mengotomatisasi sistem gaji karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar